Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lima orang dari Afghanistan yang membentuk sejarah Timur Tengah

Middle East Eye melihat beberapa orang paling berpengaruh yang memiliki ikatan kuat dengan Afghanistan modern dan khususnya dampaknya terhadap Timur Tengah (Ilustrasi: Mohamad Elaasar/MEE)

SuaraDarussalam.id - Wilayah yang sekarang membentuk Afghanistan modern telah lama menjadi persimpangan peradaban, menghubungkan budaya di Asia Tengah, Asia Timur, Timur Tengah, dan Asia Selatan.  

Setelah kedatangan Islam di wilayah tersebut, berbagai penguasa Arab, Persia, Turki dan Mongol menghargai wilayah pegunungan karena kedekatannya dengan jalur perdagangan, lembah subur, dan posisi strategis untuk serangan lebih jauh ke selatan di atas pegunungan Hindu Kush.

Kaisar Mughal Babur memiliki ibu kota di Kabul sebelum melancarkan invasi ke India; nenek moyang Timurid-nya mempertahankan ibu kota mereka di kota barat Herat, dari mana mereka mengendalikan sebuah kerajaan yang membentang di sebagian besar Asia Tengah, Iran, Irak, dan Anatolia.

Istilah "Afghanistan" secara tradisional merujuk pada etnis Pashtun, tetapi negara modern Afghanistan mencakup wilayah yang secara tradisional menggunakan dialek Persia, yang dikenal sebagai Tajik, dan bahasa Turki, seperti Uzbek.

Secara historis, wilayah ini juga merupakan rumah bagi komunitas kecil Arab, yang tiba sebagai tentara, administrator, pedagang, dan misionaris pada abad-abad setelah kelahiran Islam, tetapi populasi ini telah berasimilasi dengan kelompok etnis tetangga.

Keberadaan mereka bagaimanapun menggarisbawahi posisi integral Afghanistan di dunia Islam abad pertengahan.

Di sini Middle East Eye melihat beberapa orang paling berpengaruh yang memiliki ikatan kuat dengan Afghanistan dan khususnya pengaruh mereka di Timur Tengah.

Rumi

Secara luas dianggap sebagai salah satu penyair bahasa Persia terbesar, Jalal al-Din Muhammad Balkhi, yang kemudian dikenal sebagai Rumi, lahir pada September 1207, di provinsi Balkh, Afghanistan.

Putra seorang sarjana agama, Rumi sendiri adalah seorang ahli hukum Islam dan Sufi yang setia, dengan banyak ayat puitisnya ditujukan untuk memahami sifat Tuhan.

Rumi meninggalkan Balkh bersama keluarganya di usia muda untuk melarikan diri dari penimbunan Mongol yang menyerang Asia Tengah, akhirnya tinggal di Irak, Suriah, dan Turki modern di berbagai titik.

Orang-orang mengunjungi Museum Mevlana, makam Mevlana Jalaluddin Rumi, di Konya, Turki tengah (AFP)

Seiring bertambahnya usia, Rumi belajar di sekolah yurisprudensi Sunni Hanafi dan kemudian pindah ke Konya di Turki, di wilayah yang kemudian dikenal sebagai Rum, di mana ia bekerja sebagai guru.

Penyair banyak dibaca dalam tata bahasa Arab dan narasi dikaitkan dengan Nabi Muhammad, serta mata pelajaran sekuler seperti sejarah, filsafat dan astronomi. Studinya membuatnya mendapatkan julukan mawlana , yang berarti "tuan kami", varian yang masih digunakan untuk merujuk padanya hari ini.

Puisi Rumi mengeksplorasi tema yang beragam dan kadang-kadang dimaksudkan sebagai instruksi spiritual dan di lain waktu sebagai hiburan.

Serta pengabdian kepada Tuhan, persaudaraan semua manusia dan penolakan keberadaan duniawi. Ada juga syair yang didedikasikan untuk temannya Shams Tabrizi, seorang mistikus.

Karya-karyanya memiliki dampak yang signifikan terhadap perkembangan sastra Turki, Persia, dan Asia Selatan, dan ayat-ayat aslinya terus dibaca baik dalam bahasa Persia, Turki, dan Arab aslinya, maupun dalam terjemahannya.

Sebuah ilustrasi menunjukkan pertemuan Rumi dengan Syams di Konya (Wikimedia Commons)

Hari ini karya Rumi telah mencapai arus utama dengan terjemahan yang tersedia secara luas di toko-toko buku di seluruh Barat, karyanya dibacakan oleh Madonna, membantu Chris Martin dari Coldplay melewati perceraiannya dengan aktris Gwyneth Paltrow, dan muncul sebagai kutipan inspirasional di media sosial.

Tren ini bukannya tanpa kritik, dengan Muslim dan sarjana sastra Persia menuduh seniman barat dan penerjemah menghapus referensi Islam dalam karya Rumi dan mengubah pengabdian kepada Tuhan menjadi puisi romantis. 

Rumi meninggal di Konya pada bulan Desember 1273, dalam usia 66 tahun, dan pemakamannya dihadiri ribuan orang termasuk penganut agama lain. Sebuah kuil di atas makamnya tetap menjadi daya tarik populer bagi para penyembah dan turis.

Imam Abu Hanifah

Abu Hanifa Numan bin Sabit bin Zuta lahir di Irak pada tahun 689M dari ayah Persia dari Kabul. Dia kemudian menjadi salah satu ahli hukum dan teolog Muslim paling berpengaruh dalam sejarah, terkenal karena mendirikan sekolah yurisprudensi Sunni Hanafi, yang paling banyak diikuti dari empat tradisi utama Sunni.

Sebagai seorang pemuda, ia tampaknya ditakdirkan untuk mengikuti jejak ayahnya dengan menjadi seorang pedagang, tetapi kesukaan untuk debat teologis berkembang menjadi studi penuh tentang agama Islam.

Metode hukumnya ditentukan dengan mengutamakan pembacaan Al-Qur'an secara langsung, diikuti dengan hadis-hadis Nabi Muhammad, kemudian perilaku para sahabat Nabi, diikuti dengan penggunaan analogi, konsensus para alim, kebiasaan, serta kepraktisan.

Muslim Irak berkumpul untuk berdoa di depan masjid Abu Hanifa al-Numan di lingkungan Adhamiya Baghdad (AFP)

Abu Hanifah hidup pada masa ketika orang-orang yang mengenal Nabi Muhammad telah meninggal atau dilahirkan terlalu muda untuk mengingatnya. Ini dikombinasikan dengan kebutuhan Kekaisaran Islam yang baru lahir akan struktur hukum yang koheren dan kokoh menciptakan kondisi bagi kodifikasi tradisi Islam ke dalam hukum yang tepat.

Oleh karena itu, teolog dan murid-muridnya bekerja untuk menerapkan prinsip-prinsip Islam pada masalah-masalah hukum yang muncul di masyarakat mereka.

Warisannya tidak hanya terletak pada keputusan khusus yang dia dan murid-muridnya keluarkan, tetapi juga dalam menetapkan metodologi yang diperlukan untuk menghasilkannya.

Ulama tersebut meninggal pada usia 70 tahun saat berada di bawah tekanan dari khalifah Abbasiyah, al-Mansur, untuk menerima posisi hakim ketua. Abu Hanifah telah menolak posisi tersebut, yang membuat khalifah marah, karena takut mengambil peran resmi akan membahayakan kemerdekaannya.

Al-Mansur, yang marah dengan tantangan terhadap otoritasnya, memenjarakan Abu Hanifah dan ulama itu kemudian meninggal di penjara.

Namun, episode itu tidak banyak meniadakan warisannya, dengan sekolah Hanafi-nya yang mapan dan begitu banyak yang datang ke pemakamannya sehingga doa harus diulang lima kali untuk mengakomodasi semua orang yang datang untuk memberikan penghormatan. Sebuah kuil dan masjid berdiri di atas makamnya di Baghdad hingga hari ini.

Shah Abbas I 

Shah Abbas I lahir pada Januari 1571, di Herat, di tempat yang sekarang disebut Afganistan. Dia adalah raja kelima Safawi Iran, dan dianggap sebagai salah satu penguasa terbesar dinasti, mendapatkan julukan "Abbas Agung".

Dia mengambil posisinya selama masa-masa sulit untuk Kekaisaran Safawi, dengan ketidakpuasan dalam tentara, ketidakpastian ekonomi, dan kerajaan saingan, seperti Ottoman yang ingin memanfaatkan kerusuhan.

Abbas dikenang sebagai
salah satu penguasa Safawi
terbesar di Iran
(Creative Commons)

Namun, Abbas, ahli strategi ulung, mampu memusatkan kekuasaan dengan menciptakan kasta tentara setia yang mirip dengan Janissari Ottoman, yang terdiri dari orang-orang Kristen yang ditaklukkan, seperti Sirkasia, Georgia, dan Armenia.

Kelompok elit tentara ini mengambil alih administrasi sipil dan militer, mengurangi pengaruh kelas prajurit lama, seperti Qizilbash.

Salah satu pencapaian terbesar Abbas adalah peremajaan ekonomi Iran yang dilakukan dengan memindahkan ibu kotanya ke Isfahan pada tahun 1597-98.

Selama masa pemerintahannya, ada fokus berat pada arsitektur, perdagangan dan seni. Sastra dan seniman berkembang di bawah pemerintahannya, membuka jalan bagi miniaturis terkenal termasuk Aqa Riza dan Mir 'Imad.

Abbas juga terkenal karena toleransinya yang relatif terhadap agama lain, memungkinkan gereja dibangun untuk komunitas Kristen minoritas dan memungkinkan misionaris untuk membangun basis untuk menyebarkan iman mereka. 

Shah meninggal pada tahun 1629, meninggalkan warisan yang sulit untuk dijalani oleh ahli warisnya. Pada 1722, Isfahan dikepung oleh suku Pashtun yang dipimpin oleh dinasti Hotaki, yang memberontak melawan Safawi. Dalam kekalahan berikutnya, dinasti Safawi runtuh.

Jamaluddin Afganistan 

Sayed Jamal ad-Din Asadabadi, paling sering disebut sebagai al-Afghani, adalah seorang aktivis politik, politisi, dan jurnalis abad ke-19 yang lahir pada tahun 1838 yang melakukan perjalanan ke seluruh dunia Muslim untuk mengadvokasi persatuan pan-Islam. 

Tempat kelahirannya yang tepat diperdebatkan, dengan beberapa mengklaim bahwa dia lahir di Afghanistan dan yang lain mengklaim bahwa dia sebenarnya adalah orang Iran yang menyamar sebagai orang Afghanistan untuk menghindari tuduhan sebagai seorang Syiah di antara sebagian besar kalangan Sunni.

Al-Afghani dipuji karena membantu mengembangkan ide-ide pan-Islam
 (Creative Commons)

Bagaimanapun, perbedaan sektarian ini tidak terlalu berarti bagi aktivis, dengan sebagian besar karirnya dihabiskan untuk agitasi politik melawan imperialis barat.

Dia memulai karirnya di British India, membangun pola perjalanan di seluruh dunia Muslim, di mana dia akan bekerja dengan aktivis lokal di Iran, Irak, Turki dan Mesir untuk mengorganisir aktivisme melawan orang asing.

Pengalaman India, yang bertepatan dengan Pemberontakan India melawan pemerintahan Inggris, secara luas dilihat sebagai titik balik dalam perkembangan politiknya dan pembentukan pandangan anti-Baratnya.

Pada tahun 1866, al-Afghani mengambil pos di pemerintahan Afghanistan, bepergian secara luas, termasuk ke Mesir, Prancis, Turki, Inggris dan Rusia. 

Inti dari ideologinya adalah persatuan pan-Muslim dan bahwa satu-satunya cara untuk mengatasi campur tangan Barat di dunia Islam adalah atas dasar perjuangan bersama.

Meskipun menentang campur tangan Barat dan kolonialisme, al-Afghani adalah seorang penganjur pendekatan modern untuk sains dan teknologi dan percaya bahwa umat Islam hanya dapat berkembang dalam hal peradaban tanpa kehadiran asing yang eksploitatif di tanah mereka.

Beberapa karya al-Afghani yang paling terkenal terjadi di Kairo, di mana ia tinggal dari tahun 1870-1879. Di Kairo ia mengajar filsafat Islam dan memaparkan ide-idenya tentang reformasi politik kepada para siswa. 

Di sana ia terlibat dalam politik nasionalis Mesir dan anti-Inggris, mendorong para pengikutnya untuk membentuk surat kabar politik. Salah satu pengikutnya, Mohammed 'Abdu kemudian menjadi pemimpin gerakan Islam modernis; lainnya, Saad Pasha Zaghlul, mendirikan partai Wafd nasionalis Mesir.

Al-Afghani meninggal karena kanker di Turki pada Maret 1897, di mana ia dimakamkan. Pemerintah Afghanistan meminta jenazahnya dikembalikan ke Afghanistan pada tahun 1944, di mana sebuah makam dibangun untuk mengenangnya. 

Aktivis dan cendekiawan ini secara luas dianggap sebagai salah satu pendiri gerakan pan-Islam.

Ibrahim bin Adham 

Ibrahim ibn Adham, kadang-kadang disebut sebagai Ibrahim Balkhi, lahir di Balkh, Afghanistan, pada tahun 718M dari keluarga Arab aristokrat, tetapi kemudian dikenal karena penolakannya terhadap kenyamanan materi dan kehidupan sebagai pertapa.

Para mistikus membantu mempengaruhi perkembangan tasawuf dan dipuji oleh Rumi, yang menceritakan legendanya dalam karyanya, Masnawi .

Lukisan cat air menggambarkan Ibrahim ibn Adham dikunjungi oleh para malaikat
antara tahun 1760-1770 (WikiMedia)

Dalam sebuah cerita yang menggemakan Gautama, Sang Buddha, Ibn Adham memilih kehidupan pertapa setelah menyerahkan tahtanya, percaya bahwa tidak mungkin menemukan Tuhan sementara terganggu oleh kemewahan.

Dalam satu akun, ia menemukan seorang penggembala unta mencari hewannya di atap istananya. Ketika Adham mengungkapkan ketidakpercayaannya bahwa seekor unta bisa sampai ke atap, pria itu menjawab bahwa sama tidak percayanya untuk mencari Tuhan di tengah kekayaan materi.

Pengalaman itu dikatakan telah menyebabkan pencerahan, setelah itu ibn Adham mengambil kehidupan seorang bijak yang bijaksana, bepergian melintasi wilayah itu dan akhirnya meninggal di Suriah pada 776 M, di mana makamnya sekarang berada dan sejak itu telah diubah menjadi kuil.

Ibn Adham sering tampil dalam legenda Sufi, di mana keajaiban dan pertemuan dengan makhluk ilahi, seperti malaikat, dikaitkan dengannya. [Middleeasteye]

Posting Komentar untuk "Lima orang dari Afghanistan yang membentuk sejarah Timur Tengah"